Selasa, 23 Oktober 2012

Pasikko' Aya'

Pasikko' Aya'; pa-sik-kok a-yak. Pasikko'  artinya pengikat; Aya' artinya pinggang. Biasanya dari benang berwarna hitam atau merah, terikat sesuatu sebesar kelereng dalam kain, diikat melingkari pinggang, atau jadi kalung. Biasa dipakai pada anak-anak balita jaman dulu.

Jaman pajolloro' masih kanak-kanak saat bermain-main dengan teman-teman dari balang (balang = rawa-rawa) di belakang rumah dekat got besar (kanal) suka heran dan bertanya pada kawan main yang kebetulan memakai pasikko' aya' , "Itu untuk apa?" Ada yang menjawab ini obat, ada juga yang menjawab ini biar setan yang suka menyembunyikan anak kecil takut pada mereka. Setelah dewasa, pajolloro' ketemu orang dewasa yang juga masih pakai pasikko' aya'. Supaya kebal dari senjata tajam katanya.

Akhirnya selepas kuliah, urusan pekerjaan di pulau Kondobali di gugusan kepulauan Selayar, ketemu orang tua bijak yang bisa menjelaskan sisi logis dari bungkusan kain di pasikko' aya'.

Katanya, walau bungkusan kain di pasikko' aya' hanya diisi kerikil atau tai ayam kering sekalipun, namun bila si pemakai bulat keyakinannya bahwa itu jimat yang akan membuatnya kebal, maka ia akan kebal. Bila kain itu diisinya dengan kulau bassi (mustika besi untuk kekebalan) betulan, si pemakai tetap tidak akan kebal bila tidak yakin.

0 komentar:

Posting Komentar

Pamopporanga, tarimakasih cika..